6 Tips Membeli Tanah Kavling

0
2
Penting untuk Tahu Asal Usul Tanah

Tanah Kavling adalah sebidang tanah yang cukup luas dan kemudian dipecah-pecah atau dipetak-petak oleh pemiliknya menjadi beberapa bagian. Tujuan dari pengkavlingan ini bermacam-macam, misal untuk meningkat harga jual tanah, untuk dibagi-bagi sebagai warisan dan lain-lain.

Dalam pembelian tanah kavling sebenarnya prosesnya sama saja dengan membeli tanah pada umumnya dimana melibatkan penjual dan pembeli yang sah, objek tanah yang sah dan mekanisme jual beli yang sesuai dengan ketentuan.

Penting untuk Tahu Asal Usul Tanah

Jika anda tertarik untuk membeli tanah kavling ada baiknya anda perhatikan dulu 6 tips di bawah ini.

Sertifikat Tanah

Seperti membeli tanah pada umumnya, anda juga harus memperhatikan sertifikat dari tanah kavlingan yang anda beli. Seperti kita ketahui ada Sertifikat Hak Guna Bangunan(HGB) dan Sertifikat Hak Milik(SHM). Jika tanah kavlingan masih bersertifikat HGB maka tanyakan pada penjual siapa yang akan menanggung biaya untuk mengubah sertifikat menjadi SHM.

Periksa Batas Tanah

Anda harus memeriksa dengan jeli luas tanah kavlingan dan batas-batasnya. Bisa jadi luas tanah dan batas-batas yang dijelaskan oleh penjual berbeda dengan yang ada di sertifikat. Untuk itu anda harus jeli agar terhindar dari masalah dikemudian hari.

Perhatikan Asal Usul Tanah

Sebelum memutuskan untuk membeli sebaiknya perhatikan asal mula tanah tersebut, jangan sampai tanah tersebut adalah bekas kuburan, bekas tempat ibadah maupun bekas tempat pembuangan sampah. Karena hal ini bisa menjadi masalah kedepannya. Jika anda kesulitan mencari asal usul tanah, anda bisa bertanya ke kelurahan.

Akses Jalan

Perhatikan akses jalan di depan tanah kavling. Carilah tanah kavling yang memiliki akses jalan yang cukup luas atau dapat dilewati dua mobil.

Perkembangan Kedepan

Ini penting sekali untuk anda perhatikan. Anda harus tahu apakah daerah tersebut kedepannya akan ramai atau tidak? Apakah pembangunan di sekitarnya pesat atau tidak? Jangan sampai anda membeli tanah kavling ditempat yang sepi dan tidak ada pembangunan di sekitarnya.

Antisipasi Adanya Bahaya

Hindari tanah kavling di area berbahaya seperti dekat jalur listrik tegangan tinggi, jalur kereta, jalur pipa gas maupun tepi sungai. Antisipasi juga kemungkinan adanya gusuran di daerah tersebut untuk pembangunan fasilitas umum.

Jual tanah kavling Gresik – PT Griyaku Indah Selaras