7 Cara Mengolah Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak Prengus.

0
1
cara mengolah daging kambing
cara mengolah daging kambing

7 Cara Mengolah Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak Prengus–Idhul Adha sebentar lagi, biasanya saat Idul Adha bakal melimpah daging hewan quran di rumah. Terutama biasanya daging kambing, sebab memang lebih banyak yang berqurban dengan kambing dibandingkan dengan sapi. Sebab tentu harga kambing lebih terjangkau daripada harga sapi.

cara mengolah daging kambing
cara mengolah daging kambing

Bisa jadi anda dan keluarga termasuk penggemar menu masakan daging kambing, namun tentu saya yakin selama ini bisa jadi Anda, juga termasuk saya hanya menikmatinya dengan cara membeli alias tidak memasaknya sendiri.  Sebab ternyata mengolah daging kambing termasuk gampang gampang susah. Sangat dikuatirkan jika kita salah dalam cara mengolahnya, daging kambing akan terasa alot dan lebih parah daging kambing masih bau prengus.

Nah, bagaimana caranya agar daging kambing yang kita olah menjadi sangat empuk dan tidakbau prengus?

Walaupun Anda termasuk penggemar hidangan daging kambing, bisa jadi Anda bukan termasuk yang gemar memasaknya sendiri di rumah. Pasalnya mengolah daging kambing memang gampang-gampang susah. Salah cara memasak, bukannya jadi menu Idul Adha yang lezat, malah jadi gulai kambing yang alot dan prengus.

Nah, untuk menghindari hal seperti ini Anda bisa menyimak tips-tips dalam mengolah daging kambing yang kami rangkum berikut.

1. Jangan Sekali kali mencuci daging kambing sebelum dimasak. Sebab saat kena air, daging kambing justru akan mengeluarkan aroma prengus semakin kuat dan daging kambing menjadi alot..
2. Bersihkan lemak dari dagingnya. Sebab sebagian besar aroma prengus pada daging kambing berasal dari lemak yang menempel di daging. Nah agar lebih mudah untuk menghilangkan lemak dari dagingnya, Anda bisa mendinginkan daging terlebih dahulu didalam lemari es. Apabila lemak sudah beku, Anda bisa menghilangkan lemak dari daging lebih mudah.
3. Jika daging sudah terlanjur dicuci, untuk menghilangkan aroma prengus pada daging yang banyak disebabkan oleh darah, Anda bisa menggunakan garam untuk membalur daging. Balurkan garam ke seluruh permukaan daging, kemudian diamkan selama 1 jam. Cuci kembali daging kambing sebelum diolah.
4. Kalau Anda lebih suka dengan cara mengolah daging kambing dengan dicuci, sebaiknya rebus daging kambing yang sudah dicuci dengan campuran rempah-rempah berbau harum seperti daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi.
5. Agar daging kambing empuk dan tidak prengus, Anda bisa menggunakan daging buah nanas untuk melunakkan daging. Caranya lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu baru olah seperti biasa.
6. Selain nanas kita bisa juga menggunakan daun pepaya untuk melunakkan daging kambing. Bungkus daging kambing dengan daun pepaya dan diamkan kurang lebih 30 menit sebelum di masak.
7. Jika tidak menemukan buah nanas ataupun daun pepaya, anda juga bisa menggunakan jeruk nipis untuk melunakkan dan mengurangi bau amis daging kambing. Selain itu air jeruk nipis juga dapat  membunuh bakteri. Caranya kita lumuri daging kambing mentah dengan air perasan jeruk nipis lalu kita diamkan selama kurang 30 menit, kemudian masak seperti biasa.

Nah itulah beberapa tips dan cara mengolah daging kambing agak empuk dan tidak prengus. Selanjutnya kita bisa mengolah daging kambing sesuai dengan selera kita, misal kita mau buat resep tongseng kambing sederhana tanpa santan atau sate kabing bumbu kacang khas Madura.