Bagaimana Aromaterapi Bekerja Guna Membantu Penyembuhan Anda

0
2

Penggunaan lampe berger dan aromaterapi telah dimulai ribuan tahun yang lalu dan telah berkembang sangat pesat sejauh ini. Berbagai penelitian mendalam telah dilakukan berkaitan dengan manfaat aromaterapi bagi tubuh dan pikiran manusia. Kini hasil berbagai penelitian tersebut bisa segera anda manfaatkan.

Untuk mengetahui cara kerja aromaterapi, sampai bisa bermanfaat untuk pengobatan, mari kita mulai dengan melihat bagan yang akan memudahkan Anda memahami aliran reaksi dan sistem mana saja yang terlibat di dalamnya. Amati bagan berikut ini:

Minyak atsiri atau biasa disebut sebagai aromaterapi murni bisa anda gunakan dengan cara oles, dihirup atau telan. Dari tiga cara aplikasi tersebut, seseorang bisa mendapatkan berbagai cara untuk menerapkan aromaterapi seperti pijat, spa, kapsul, semprotan,  dan lain sebagainya.

Mari kita bahas satu persatu untuk pengaplikasiannya.

Ketika minyak esensial dihirup melalui hidung, molekul aromatik akan masuk ke rongga hidung dan kemudian akan masuk ke dalam olfactory. Olfactory adalah saraf yang merangsang indera penciuman dari hidung ke pusat kendali otak. Olfaktori terletak di sebelah atas hidung kita, tepatnya di bagian dalam. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat ilustrasi gambar berikut:

Dalam prakteknya, penggunaan perawatan aromaterapi dengan cara dihirup lebih lazim untuk mengatasi keluhan mental seperti kecemasan, sulit fokus,  ADHD, depresi dan lain sebagainya. Meski reaksi ini sebenarnya mampu mempengaruhi ke dalam keluhan fisik, responnya masih kurang signifikan bila dibandingkan penggunaannya untuk mengobati keluhan psikologis. Jika Anda mengalami keluhan psikologis, resep yang diberikan mungkin bisa  digunakan yaitu inhalasi.

lampe berger

Anda harus mengerti bahwa otak manusia bukanlah organ yang berperan sebagai penghibur dalam tubuh manusia. Otak memiliki fungsi inti yang mengendalikan seluruh sistem yang bekerja di tubuh kita. Otak adalah pusat ingatan, pusat pemikiran, perasaan, pusat kontrol kelenjar, sistem saraf, hormon dan sebagainya. Tak ada satupun ilmuwan yang tidak mengakui fakta bahwa otak memiliki peran yang sangat penting dalam kelangsungan hidup manusia.

Setelah impuls ditransmisikan ke otak, reaksi kompleks dimulai. Seluruh bagian otak berkontribusi pada reaksi ini, tidak terkecuali sistem limbik. Setelah seluruh impuls diterjemahkan, maka akan ada respon balik secara hormonal (endrochin) atau persyarafan (saraf). Kemudian reaksi penyembuhan terjadi dan Anda bisa merasakannya segera.

Selanjutnya, sistem limbik adalah seperangkat struktur otak, termasuk hippocampus, amigdala, inti thalamin frontal, korteks ekstremitas, septum, dan fornix. Sistem limbik terletak di pusat otak yang membungkus batang otak, dapat dibedakan dari pemetaan fungsi eksternal otak. Sistem anggota badan limbik bertanggung jawab atas banyak fungsi psikologis di otak, termasuk emosi, perilaku, daya tahan memori dan sebagainya.

Dari sinilah, seseorang yang sudah melakukan aplikasi menghirup aromaterapi, juga akan mendapatkan 2 efek penyembuhan, yaitu penyembuhan mental melalui sistem limbik dan penyembuhan keluhan fisik melalui sistem endokrin dan saraf. Tapi seperti pada awal diskusi ini, yang lebih berperan dalam  aplikasi hirup adalah sistem limbik. Jadi untuk mengatasi keluhan secara psikologis lebih sesuai bila dilakukan dengan aplikasi hirup.