Ada banyak orang yang selalu bertanya-tanya, “bagaimana memulai bisnis online itu . . ?”. Bila itu juga yang menjadi pertanyaan Anda maka artikel ini akan menjadi jawabannya. Sebelum membahas lebih jauh, admin sarankan agar pembaca menentukan satu hobi untuk dijadikan bahan tulisan. Misalkan otomotif, kesehatan, resep, atau apapun itu. Gunanya apa ? Fungsinya adalah agar niat dan ketekunan bisnis anda, haruslah diatas hobi. Sehingga, saat kamu akan memulai hobimu, kamu bisa teringat akan pentingnya bisnis online tersebut.

 

Bisnis Online

Kiat Memulai Bisnis Online

1. Memiliki Pola Pikir Yang Benar Tentang Bisnis Online

Memiliki pola pikir yang benar tentang bisnis online artinya, Anda harus memegang satu prinsip yang benar yaitu, bisnis online tetap adalah sebuah bisnis nyata, yang perlu modal, perlu fokus, perlu ketekunan dalam menjalankannya.

Penting bagi setiap orang yang ingin membangun sebuah bisnis online untuk memiliki pola pikir yang benar. Oleh sebab itu untuk memiliki pola pikir yang benar harus diawali dengan berpikir positif tentang sesuatu yang akan dikerjakan. Jadi dalam hal ini jangan pernah berpikir negativ.

2. Memiliki Tujuan Yang Jelas.

Memiliki tujuan yang jelas maksudnya, Anda harus memiliki sebuah alasan yang bisa memicu Anda dan mendorong Anda untuk memulai bisnis online, misalnya kenapa Anda ingin sukses dalam bisnis online. jadi harus ada alasan yang kuat kenapa Anda ingin sukses dalam bisnis online.

Contoh:

  • Anda ingin sukses karena Anda menginginkan kebebasan finansial untuk keluarga Anda.
  • Anda ingin sukses di bisnis online karena Anda ingin membantu banyak orang yang tidak mampu, seperti anak yatim, anak jalanan, dll.
  • Anda ingin sukses di bisnis online karena Anda ingin dari keuntungan yang Anda dapatkan bisa membeli mobil baru, rumah baru, motor baru, atau menyekolahkan Anak-anak ke jenjang yang lebih tinggi, dll.

Dengan memiliki tujuan yang jelas maka akan memacu Anda untuk fokus dan kerja keras.

3.    Buat Target

Buat Target dan Capailah
Buat Target dan Capailah

Bila diatas Anda sudah memiliki tujuan yang jelas maka sekarang yang harus Anda lakukan adalah, buat target atau gol yang akan Anda capai dalam waktu pendek dan waktu panjang. Misalnya dalam waktu 1 bulan pertama, atau 3 bulan kemudian, sampai pada waktu 1 tahun berjalan, harus ada target yang Anda tentukan. Hal ini akan memberi motivasi lebih dari dalam diri Anda untuk mencapai apa yang menjadi target.

Untuk mencapai target tersebut, supaya motivasi Anda tetap terjaga maka, buatlah daftar kebutuhan yang merupakan target Anda dalam 1 bulan pertama.

Contoh:

Hitung Anggaran untuk kebutuhan keluarga selama 1 bulan misalnya: bayar listrik, bayar telepon rumah, pulsa hp, bayar internet, bayar air pam, bayar uang sekolah anak, kebutuhan makan minum selama sebulan, isi bensin, dll.

Pokoknya daftar ini harus Anda buat secara lengkap, artinya semua hal yang menjadi kebutuhan keluarga Anda harus dicatat secara rinci, lalu tempelkan di ruang kerja Anda atau ditempat yang bisa Anda lihat setiap saat.

Hal ini maksudnya supaya Anda akan terus terpacu setiap kali Anda membaca anggaran kebutuhan keluarga yang sudah Anda buat.

4.    Berani Membuat keputusan

Anda harus berani untuk membuat keputusan terhadap berbagai hal yang berhubungan dengan bisnis yang akan Anda bangun. Jadi dalam hal ini Anda tidak perlu takut untuk membuat sebuah keputusan dalam menjalankan bisnis, dan setiap keputusan akan mengandung resiko.

Resiko dari setiap keputusan yang Anda buat adalah; mungkin saja keputusan Anda salah yang akhirnya bisa gagal, atau sebaliknya keputusan Anda tepat sehingga Anda bisa merai sukses.

Gagal adalah sesuatu yang sangat ditakuti oleh setiap orang yang menjalankan bisnis, tetapi sebenarnya dengan keputusan yang Anda  buat tadi dan ternyata itu salah, bukan berarti segala sesuatunya gagal, karena paling tidak Anda memiliki pelajaran berharga dari keputusan tersebut dan merubahnya dengan cara yang benar.

Bila keputusan yang Anda ambil itu berbuah pada kesuksesan itu bukan berarti Anda lalu terbawa oleh suasana sukses tersebut lalu tidak lagi berpikir untuk pengembangan yang lebih baik lagi. Sukses artinya langkah awal yang Anda buat sudah tepat, namun perlu untuk terus melakukan berbagai inovasi di berbagai bidang untuk semakin berkembang dan semakin sukses.

Jadi dalam membangun bisnis online, mengambil keputusan utnuk memulai dan melakukannya adalah langkah penting. Seringkali untuk memulai bisnis online ada orang-orang yang takut untuk mengambil keputusan, sehingga tidak ada tindakan atau ACTION untuk memulai bisnis yang sudah direncanakan.

5.    Action

Action dan Lakukan yang Terbaik
Action dan Lakukan yang Terbaik

Setelah mengambil keputusan maka selanjutnya mulailah untuk ACTION-kan bisnis Anda, dan hal yang terpenting dalam berbisnis adalah Anda harus siap untuk bekerja keras untuk berbagai hal.

Dengan bekerja keras  tentu akan melahirkan berbagai hal yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya, bekerja keras juga berarti ada harga yang harus dibayar, baik itu dari waktu yang harus Anda luangkan sampai kepada berbagai hal lain yang menyangkut dengan urusan bisnis Anda tersebut.

Didalam bekerja keras tentu hal yang paling penting adalah Anda tetap fokus secara konsisten terhadap apa yang sedang Anda bangun, karena bila Anda tidak fokus dan tidak konsisten maka usaha Anda akan menjadi sis-sia. Jadi tanamkan dalam pikiran Anda bahwa apapun bisnis yang Anda jalani pasti memerlukan proses, dan proses pasti memerlukan waktu.

Suatu saat dalam bisnis yang Anda lakukan bisa saja Anda gagal untuk meraih apa yang Anda impikan, tetapi jika Anda ingin untuk berhasil maka yang perlu ditanamkan dalam diri Anda adalah jangan pernah menyerah untuk setiap keadaan.

Pola pikir yang benar dalam membangun bisnis online juga tidak terlepas dari membina hubungan yang baik atau perlu memiliki releasionhip dengan setiap pelanggan atau pembeli, jadi berpikirlah bahwa pembeli atau cutomer yang membeli setiap produk Anda harus benar-benar diberi perhatian.

Sebagai seorang pebisnis hendaklah Anda tidak cepat merasa puas untuk apa yang telah Anda capai tetapi harus memiliki prinsip bahwa saya harus terus belajar untuk mengetahui berbagai hal-hal baru yang terus berkembang, karena dizaman sekarang ini begitu banyak perubahan bisa terjadi dalam waktu yang sangat singkat.

Orang yang sukses bila ia berhenti untuk belajar dan hanya menikmati saja kesuksesan yang baru ia capai maka dengan berjalannya waktu suatu saat ia pasti akan menyadari bahwa seharusnya ia bisa lebih sukses lagi bila dulu ia tidak merasa puas dengan apa yang ia capai saat itu. Jadi jangan pernah berhenti untuk belajar.

Apa saja yang harus dipersiapkan . . ?

Sama seperti bisnis konvensional atau bisnis offline maka dalam membangun sebuah bisnis onlinepun harus ada persiapan. Untuk membahas apa saja yang perlu dipersiapkan maka kita akan sambung pada postingan selanjutnya.

Ingat . . ! selalu semangat dan sukses untuk Anda.

SHARE
Previous articleOutbond Seru Di Bogor