Bertualang di Dataran Prambanan Yogyakarta, Surganya Pecinta Candi di Indonesia

0
32

Dataran Kedu atau biasa di sebut dengan Dataran Prambanan yang merupakan dataran vulkanik subur membentang luas antara Gunung Merapi di utara dan daratan rendah Bantul serta deretan Pegunungan Sewu di selatan, lembah Bengawan Solo di sisi timur dan Pegunungan Menoreh dan Sungai Progo di barat. Saat ini kawasan Dataran Prambanan masuk dalam wilayah Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, bagian utara Kabupaten Gunung Kidul yang merupakan wilayah dari Daerah Istemewa Yogyakarta.

Tanahnya yang subur dari abu vulkanis dari Gunung Merapi membuat banyak orang yang membuka lahan pertanian di tempat ini. Hal tersebut akhirnya menjadi cikal bakal peradapan manusia khususnya di kawasan Jawa tengah dan sekitarnya. Dalam catatan sejarah kawasan ini dikenal dengan nama Mataram dan menjadi pusat pemerintahan dari Kerajaan Medang atau Mataram Kuno pada kurun abad ke-8 hingga ke-10 M kemudian di lanjutkan pada periode Kesultanan Mataram Islam pada abad ke-16 M. Selama lebih dari seribu tahun, kawasan ini berperan penting dalam sejarah dan perkembangan kebudayaan Jawa karena bisa ditemui berbagai peninggalan-peninggalan arkeologi yang teramat penting. Terdapat ratusan bangunan candi yang dibangun pada periode Kerajaan Medang pada abad ke-9 sebelum pusat pemerintahan di pindah ke Jawa Timur oleh Mpu Sendok.

Peninggalan yang saat ini masih bisa disaksikan oleh para generasi sekarang adalah peninggalan berupa candi-candi yang berdiri kokoh di dataran ini antara lain:

  1. Candi Prambanan

Candi Prambanan atau Candi Roro Jongrang merupakan candi yang terkenal dengan keindahan dan kemegahannya. Terdiri dari 3 candi utama dan ratusan candi pendamping lainnya membuat candi ini menjadi salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Keindahan candi ini tidak diragukan lagi, ribuan wisatawan datang untuk melihat kemegahan dari candi Hindu terbesar di Indonesia ini setiap harinya.

  1. Candi Sewu

Berlokasi dekat dengan Candi Prambanan berdiri sebuah candi Budha yang tidak kalah megahnya yaitu Candi Sewu. Candi ini masih berada satu komplek dengan Candi Prambanan dan hanya berjarak 700 meter. Dibangun sebagai tempat ibadah umat Budha, candi ini terdiri dari satu candi utama dan ratusan candi kecil yang mengelilinginya.

  1. Istana Ratu Boko

Peninggalan selanjutnya adalah Istana Ratu Boko. Situs ini merupakan bekas istana atau keraton dari raja Medang. Lokasinya hanya 5 kilometer arah timur Komplek Candi Prambanan. Berdiri di atas sebuah bukit, membuat situs ini sangat unik dan menarik. Pengunjung yang datang bisa menikmati bekas istana dan juga bisa menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah dari atas bukit.

Selain candi-candi tersebut masih banyak lagi candi-candi lainnya yang berdiri di Dataran Kedu. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi candi-candi tersebut bisa menyewa mobil agar perjalanan mereka lebih mudah. Bagi rombongan besar dapat rental bus di Jogja yang harga sewanya murah.