Gerakan Katakan Pada Anak Bahwa Jarum Suntik Aman

0
3

Takut bakal jarum suntik dapat membikin pelaksanaan vaksinasi buah hati terhambat. Setidaknya terdapat 2-8% buah hati-buah hati dan remaja yang fobia kepada suntikan.

Tetapi, dengan persiapan yang benar dan peran aktif ayah dan bunda sebelum, selama, dan sesudah pelaksanaan vaksinasi berlangsung, berpotensi membikin buah hati lebih hening dikala hadapi jarum suntik.

Sebagian metode ini bisa Anda jalankan supaya buah hati tak berteriak-teriak atau histeris ketika wajib hadapi jarum suntik.

Jadilah sosok yang hening
Banyak ayah dan bunda yang turut panik sebab buah hatinya bakal disuntik. Kepanikan ayah dan bunda justru membikin buah hati menjadi lebih kuatir dan ketakutan. Sebab itu, tenangkan diri Anda terutamanya dulu sebelum saat menenangkan buah hati.

Berikan senyuman kepadanya
Penelitian memperlihatkan bahwa ayah dan bunda yang berkata ‘jangan cemas’ atau ‘tak apa-apa’ justru membikin buah hati stres sebab mereka menangkap tersedia sesuatu yang mengkhawatirkan. Sebaliknya, seandainya Anda menonjolkan senyum dan sikap yang hening, dapat membikin buah hati terhitung merasa hening.

Utamakan kejujuran
Hindari menjelaskan bahwa tikaman jarum pada pelaksanaan vaksinasi tak menyakitkan. Jikalau buah hati mengetahui bahwa rasanya sakit, Anda bakal dicap sebagai mulut besar. Lebih bagus menjelaskan dengan jujur bahwa pelaksanaan vaksinasi kemungkinan merasa sakit, namun cuma sejenak dan rasa sakitnya bisa dibendung.

Jangan menunda
Makin dini perlindungan imunisasi, karenanya makin lama gampang pula progresnya karena bayi tak dapat mengingat rasa sakit dikala diimunisasi. Sebaliknya, balita dan buah hati-buah hati prasekolah bakal lebih susah sebab mereka telah mengetahui bahwa jarum suntik menyakitkan. Jikalau buah hati Anda tetap bayi, jangan menunda perlindungan imunisasi. Kecuali menentukan perlindungan imunisasinya ideal waktu, terhitung memudahkan progresnya. Selain itu jika bicara masalah harga maka kamu bisa mendapakan vaksinasi murah yang banyak bertebaran diluar sana.

Kasih mengetahui buah hati kapan harinya
Sebelum dijalankan vaksinasi, beritahu buah hati bahwa hari itu ia bakal diimunisasi dengan metode disuntik mengaplikasikan jarum suntik. Di satu sisi, kemungkinan buah hati bakal merasa kuatir, tetapi hal ini diakui lebih bagus ketimbang seketika berkunjung ke dokter tanpa memberitahunya terutamanya dulu.

Berikan ilustrasi
Hati-buah hati merasa risau pada jarum suntik sebab belum memahaminya. Berikan berita seputar alasan dilaksanakannya vaksinasi, sekalian ceritakan pelaksanaan berlangsungnya vaksinasi. Kecuali itu, memberikan ilustrasi format dan ukuran jarum suntik yang diterapkan. Tunjukkan terhadap buah hati untuk mengamati sahabat-sahabatnya yang telah berani dan hasilnya sukses menjalankan vaksinasi.

Buatlah buah hati merasa bersuka ria
Sesudah memberitahu buah hati seputar berita imunisasi dan sesudah selesai imunisasi, buatlah buah hati konsisten ceria. Ajak buah hati menjalankan kesibukan yang menggembirakan, seperti bercerita hal yang lucu, tarik suara, atau memperdengarkan musik.

Berikan perlindungan tata krama
Usahakan Anda menunggu buah hati selama pelaksanaan vaksinasi. Bawakan mainan atau boneka kesayangannya. Dukungan tata krama seperti ini menolong menghasilkan buah hati merasa nyaman.

Berikan hadiah
Tawarkan hadiah yang menarik untuk buah hati seandainya ia sukses melawan ketakutannya bakal jarum suntik. Hadiah kecil seperti coklat dan permen kemungkinan bakal membuatnya terhibur. Alternatif lain, menawarkan buah hati untuk belanja buku baru, bermain di taman, atau belanja mainan baru.

Berikan makanan kesukaan
Selama menunggu giliran buah hati untuk disuntik, memberikan makanan kesukaannya untuk mengalihkan perhatian. Permen atau makanan lain tepat sasaran dalam membikin buah hati sibuk dan lupa dengan jarum suntik yang membuatnya takut.

Mengurangi rasa sakit
Anda bisa melekatkan es pada kulit buah hati. Lakukan sesaat sebelum saat vaksinasi, selama satu menit. Hal ini bakal kurangi rasa sakit dikala jarum suntik menembus kulit.

Pada intinya, ketenangan Anda bakal mengusir kekhawatiran buah hati dalam hadapi jarum suntik. Selain itu bunda bisa menggunakan vaksinasi murah yang banyak diberikan oleh klinik-klinik terbaik di Indonesia. Oleh sebab itu, piawai-pandailah membikin buah hati konsisten dalam kondisi nyaman.