Memilih Baja Ringa? Anda harus Cerdas

0
1

Keunggulan baja ringan yang digunakan sebagai bahan pembuatan rangka atap rumah merupakan pilihan yang tepat. Sebab, baja ringan memiliki banyak keunggulan, di antara yaitu lebih aman dan juga lebih awet ketika dihadapkan pada kondisi cuaca yang tidak menentu. Sudah banyak oang yang memilih baja untuk digunakan sebagai bahan untuk rangka atap rumah daripada kayu. Sama halnya ketika Anda harus menentukan warna cat yang pas untuk rumah Anda, maka demikianlah saat memilih baja yang Anda gunakan sebagai atap rumah.

Selain itu kelebihan lainnya dai atap baja adalah lebih mudah pengeraannya jika dibandingkan dengan atap kayu atap baja bisa dipeoleh dengan mudah di toko bangunan manapun sedangkan untuk kayu, Anda harus mencarinya ke toko kayu. Tidak hanya itu bahanya juga sangat kuat ketika digunakan untuk menahan beban seperti genteng dan juga plafon. Jasa pemasangan baja ringan Jakarta selalu tersedia untuk anda yang berada di wilayah Jakarta.

Tetapi hal yang perlu Anda perhatikan berikutnya saat membeli baja adalah bracing dari baja ringan. Rangka atap baja biasa dibuat dari baja yang tipis dan memiliki ketebalan minimum untuk struktur kuda-kudanya sebesar 0,75mm. Namun ketipisan tersebut mengakibatkan kekakuan baja menjadi sangat lemah meskipun dibuat menjadi bentuk yang kokohnya dan memiliki kekuatan untuk menahan yang tinggi. Akibat dari kekakuan yang lemah, biasanya struktur angka atap baja harus ditambah dengan batang pengaku atau bracing yang cukup. Tujuannya untuk mencegah tejadi kerobohan secara tiba-tiba akibat kekurangan batang pengaku atau bracing. Bracing baja biasa terdiri atas  Diagonal web Bracing, Ikatan angin, untuk meneruskan gaya dari lateral tie, Top Chord Bracing , Pengaku batang atas, Bottom Chord Bracing, Pengaku pada batang bawah, Lateral Tie dan Pengaku batang (Web) tekan.

Namun, terkadang masih saja ada konsumen yang tidak percayaan meskipun sudah diberitahu ribuan kali mengenai informasi penting seperti ini. Tetap saja, alasannya karena tergiur oleh tawaran harga baja ringan yang murah. Padahal, murah juga kualitasnya belum tentu terjamin. Jangan sampai karena Anda terlalu pelit akibatnya akan membuat keluarga menjadi korban. Atap tiba-tiba mengalami kerobohan yang membuat Anda sekeluarga akhirnya harus mengeluarkan uang yang lebih banyak.