Mempersiapkan Persalinan dengan Sebaik Mungkin

0
2

Menjadi calon ibu yang sebentar lagi akan menimang buah hati tercinta pastinya merupakan kebahagiaan buah ibu bersama dengan sang suami pastinya bukan ? Nah, disamping kebahagiaan tersebut, tidak jarang ibu pun merasa kebingungan mengenai persiapan persalinan apa saja yang penting untuk dilakukan. Semua ibu hamil pasti ingin melewati masa persalinan dengan lancar. Oleh sebab itulah merupakan hal yang penting untuk melakukan berbagai persiapan persalinan sejak jauh-jauh hari. Apa saja kira-kira yang perlu untuk disiapkan menjelang tiba waktu persalinan ? Berikut ini antara lainnya :

daftar persiapan persalinan yang penting

  1. Rumah Sakit dan Dokter

Rumah sakit ataupun klinik bersalin dan juga dokter ataupun bidan adalah dua hal penting yang perlu untuk ibu persiapkan menjelang tiba waktu persalinan. Pada awal kehamilan penting bagi ibu untuk sudah mulai mencari informasi yang banyak terkait dokter kandungan yang tepat untuk dipilih membantu ibu dalam menjalani proses persalinan. Menentukan dokter yang cocok untuk ibu dan juga rumah sakit dengan pelayanan maksimal yang cocok bagi ibu akan memberikan pengaruh yang postif terhadap kelancaran proses persalinan anda.

  1. Barang Bawaan Saat ke Rumah Sakit

Ketika waktu persalinan sudah tiba dan ibu pun dilarikan ke rumah sakit, tentu ada cukup banyak barang yang perlu untuk dibawa ibu dan juga keluarga yang mendampingi ibu saat proses persalinan. Oleh sebab itulah memastikan apa saja barang yang akan dibawa ke rumah sakit pun jadi bagian dari persiapan persalinan yang perlu untuk dilakukan. Beberapa perlengakapan yang perlu untuk dibawa antara lainnya adalah perlengkapan mandi, pakaian dan pakaian dalam, ikat rambut, sandal, camilan sehat, pembalut khusus untuk ibu setelah melahirkan, sampai dengan perlengkapan bayi seperti baju, popok, selimut, sarung tangan, kaos kaki hingga produk perawatan kulit Zwitsal.

  1. Aktivitas Fisik dengan Tepat

Ibu hamil juga perlu aktivitas fisik sebagai persiapan persalinan agar berjalan dengan lancar. Aktivitas fisik untuk ibu hamil pastinya harus dilakukan secar tepat, dengan memilih gerakan-gerakan di dalam aktivitas yang tidak sampai membahayakan kehamilan ibu. Contoh aktivitas fisik yang dilakukan sebagai persiapan persalinan untuk ibu adalah dengan senam khusus ibu hamil. Senam khusus ibu hamil akan bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot, kekuatan sendi, sampai dengan meningkatkan fungsi organ tubuh lainnya yang kesemuanya memberikan dampak positif terhadap kelancaran persalinan.

  1. Suami Siaga Juga Penting

Persiapan persalinan yang akan dijalani ibu tidak melulu 100% hanya ibu semua yang harus mempersiapkan. Dalam mempersiapkan tibanya waktu melahirkan, dukungan dari suami yang siaga tidak kalah pentingnya. Seperti siaga untuk menghadapi saat ibu merasakan kontraksi sehingga segera untuk membawa ibu ke rumah sakit, kemudian siaga untuk mempersiapkan berbagai keperluan ketika ibu masih terbaring lemas di rumah sakit usai melahirkan, dan lain sebagainya. Dukungan besar dari suami pun dapat membuat ibu lebih relaks dan dengan begitu proses persalinan juga bisa ibu hadapi dengan lebih baik. Jadi, kesiapsiagaan suami pun jadi bagian yang penting untuk masa persalinan yang akan segera dihadapi oleh ibu.

referensi artikelĀ //www.zwitsal.co.id/momen-kehamilan/persiapan-menghadapi-persalinan