Pentingnya Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia (USED)

0
2

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan cuci tangan dan manfaatnya, berbagai kegiatan sering dilakukan pada saat memperingati hari cuci tangan sedunia. Setiap satu tahun sekali, berbagai elemen yang peduli kesehatan semakin gencar melakukan sosialisasi dan kegiatan mengajak masyarakat untuk membiasakan cuci tangan. Termasuk pemerintah yang memiliki program nasional yang disebut program PHBS atau perilaku hidup bersih dan sehat. Cuci tangan merupakan salah satu perilaku hidup bersih dan sehat yang penting untuk ditingkatkan. Ada banyak manfaat kesehatan dari kebiasaan mencuci tangan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan singkat berikut.

Kesehatan yang Bergantung Pada Kebersihan Tangan Dengan Cuci Tangan Pakai Sabun

peringati hari cuci tangan pakai sabun sedunia bersama lifebuoy

Tangan merupakan bagian tubuh yang banyak digunakan untuk memegang banyak tempat. Tangan menjadi sarana kuman untuk menyebarkan infeksi. Di dalam tangan yang kotor bisa pasti ada bakteri atau virus yang bisa menular. Bakteri yang bisa menyebar melalui tangan antara lain adalah bakteri penyebab diare, virus penyebab flu, bahkan bakteri NDM-1. Adanya hari cuci tangan sedunia diharapkan dapat menyebarkan informasi penting mengenai manfaat cuci tangan untuk pencegahan terkait penyakit-penyakit di atas. Tangan juga merupakan sarana kuman yang menjadi biang keringat dan membuat iritasi pada kulit. Cuci tangan dapat menjadi cara pencegahan yang tepat untuk menghalau penyebaran infeksi dan penyakit yang menular dari tangan.

Kegiatan mencuci tangan akan lebih optimal untuk menjaga kesehatan, apabila dilakukan pada waktu yang tepat. Kegiatan mencuci tangan memang sebaiknya rutin dilakukan setiap hari, terutama saat tangan terlihat kotor. Sebelum makan dan memegang makanan merupakan waktunya untuk Anda mencuci tangan. Tangan yang kotor dapat menginfeksi kuman ke makanan dan kemudian masuk ke dalam tubuh. Mencuci tangan sebelum makan merupakan salah satu ajakan yang sering dilakukan pada acara peringatan hari cuci tangan sedunia. Begitu juga setelah buang air, sebaiknya tidak lupa untuk mencuci tangan dengan benar. Setelah kontak dengan tempat-tempat kotor seperti toilet, penting untuk membersihkan tangan menggunakan sabun. Kegiatan mencuci tangan juga perlu dilakukan setelah kontak dengan fasilitas umum yang banyak terkontaminasi kuman.

Waktu-waktu di atas adalah waktu yang paling tepat untuk mencuci tangan. Kegiatan membersihkan tangan yang tepat juga perlu dilakukan dengan benar. Cara tepat untuk membersihkan tangan adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Seperti yang dilakukan pada salah satu acara Lifebuoy saat memperingati hari cuci tangan dunia. Perayaan yang dilakukan dengan menyelenggarakan kegiatan 100 juta tangan sehat. Sosialisasi tentang manfaat dari cuci tangan dan juga edukasi untuk mencuci tangan dengan benar. Tidak sebatas untuk memperingati hari cuci tangan sedunia, melainkan ajakan untuk membiasakan sejak dini untuk selalu cuci tangan dengan benar.

Referensi Artikel: //www.lifebuoy.co.id/article/detail/1175352/kemeriahan-hari-cuci-tangan-pakai-sabun-dengan-serentak-di-seluruh-dunia-lifebuoy